Panduan Membuat SPP dan SPM Gaji Induk Pada Aplikasi SAS

Membuat SPP dan SPM Gaji Pada Aplikasi SAS

Panduan kali ini adalah tentang cara bagaimana membuat SPP dan SPM Gaji Induk pada aplikasi SAS. Untuk cara membuat gaji pada aplikasi SAS adalah kelanjutan dari proses pembuatan gaji pada aplikasi GPP. Jadi sebelum anda membuat gaji pada aplikasi SAS kami anggap anda telah membuat gaji di aplikasi GPP. Ok kita lanjutkan.

Baca Juga : Cara Membuat Gaji Susulan Pada Aplikasi GPP

Silahkan klik pada gambar untuk memperbesar tampilan gambar, jika anda tidak dapat melihat gambar secara jelas atau kecil untuk dilihat.

1. MEMBUAT SPP GAJI INDUK PADA APLIKASI SAS MODUL PPK

Langka pertama adalah masuk pada aplikasi SAS dengan modul PPK.

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 1

Masukkan User dan Pasword Modul PPK anda. Setelah proses masuk maka pilh SPP kemudia RUH SPP.

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 2

A. Pilihan Menu SPP pada Modul PPK

Langkah berikutnya adalah ada beberapa pilihan yang harus anda pilih antara lain :

  1. Jenis Gaji : 01 Gaji Induk
  2. Nomor SPP : Pada nomor secara otomatis akan terisi, namun untuk memudahkan pencarian saat SPM di cetak anda bisa menambahkan ekstensi apa saja di bagian kotak kosong sebelah kanan nomor.
  3. Tanggal : Otomatis tanggal hari pembuatan gaji
  4. Import Data GPP : Nah sebagaimana saya sampaikan di atas bahwa anda telah membuat gaji pada aplikasi GPP, data kiriman untuk di impord disini adalah berasal dari aplikasi GPP.
  5. Klik pada tanda titik (…) : untuk menemukan file kiriman gaji dari GPP
  6. Cara Bayar : Pilih Giro Bank
  7. Jenis Pembayaran : Pilih 1 untuk Pengeluaranan Anggaran (Belanja Pegawai)
  8. Sifat Pembayaran : Pilih 4 Pembayaran Langsung
  9. Rekap Gaji : Pilih rekap gaji untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 3

Sampai di Perekaman Rekap Gaji untuk kode bendahara pilih Supplier pegawai yang telah anda input untuk data Pegawai Kantor Anda. Kemudian pilih Kembali untuk melanjutkan.

B. Menu Perekaman Rekap Gaji

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 4

C. Menu Supplier Penerima Gaji dan Perekaman Bendaharawan

Pada pilihan kembali anda akan menuju pada tampilan depan SPP. Pilih menu Supplier pada bagian kiri bawah.

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 5

Setelah masuk pada menu supplier maka akan muncul Perekaman Bendaharawan. Masih sama pada rekap data pegawai di atas, pada tampilan Perekaman Bendaharawan anda juga akan memilih Kode Bendahara sesuai pilihan supplier untuk pegawai kantor anda.

Baca Juga : Cara Membuat Kekurangan Atas Kenaikan Gaji 5% Tahun 2019

Silahkan tulis atau ketik uraian SPP Gaji Induk anda, sesuaikan bulan dan Tahun Gaji anda, instansi anda dan jumlah pegawai dan jiwa sesuai lembaran halaman luar pada aplikasi GPP.

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 6

Jika telah memilih kembali maka kalian akan kembali menuju tampilan awal menu SPP, jika anda memilih daftar lampiran maka akan muncul daftar lampiran seperti gambar di bawah ini. Jika sudah sesuai maka pilih kembali

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 7

D. Menu Rekam Rincian Akun Gaji

Jika kembali maka akan terlihat tabel untuk menulis uraian SPP seperti gambar 6 kemudian lihat pada bagian bawah silahkan pilih akun.

Membuat SPM Gaji Induk
Gambar 8

Setelah memilih akun maka akan muncul tampilan nilai berdasarkan akun pengeluaran dan penerimaan seperti pada gambar di bawah ini. jika terdapat akun 411121 menandakan bahwa terdapat pendapatna PPh Pasal 21, atau pajak pegawai. Untuk Kab ganti dengan 51. Kemudian pilih kembali untuk melanjutkan proses pembuatan SPP gaji.

Membuat SPM Gaji Induk
Gmbar 9

Jika anda memilih kembali maka akan muncul pilihan untuk centang PPSPM dan PPK, silahka centang sesuai dengan PPSPM dan PPK pada satker anda, kemudian pilih proses. Selanjutnya pilih Simpan.

Cara Membuat SPM SPP Gaji Induk Aplikasi SAS
Gambar 10

Langkah selanjutnya mencetak SPP, pada proses cetak SPP masuk pada menu SPP pilih cetak SPP.

Membuat SPP dan SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 11

Jika telah memilih cetak SPP maka akan muncul Daftar Surat Perintah Pembayaran ceklis sesuai nomor SPP gaji yang telah anda buat kemudian pilih tanggal pembuatan gaji. Pilih Printer kemudian pilih Proses.

Membuat SPP dan SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 13

Sampai disini anda telah selesai embuat SPP Gaji Induk. Sekarang anda sudah bisa lanjut ke pembuatan SPM.

2. PANDUAN MEMBUAT SPM GAJI INDUK PADA MODUL PPSPM

Setelah membuat gaji pada modul PPK selesai anda buat maka langkah selanjutnya adalah masuk pada modul PPSPM untuk membuat SPM dan adk SPM untuk di injek PIN.

Langkah awal adalah seperti biasa login pada aplikasi sas dengan pasword dan user name PPSPM.

Membuat Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 1

Setelah proses login kemudian pilih menu SPM, lakukan catat SPM dengan memilih Catat, Batal  dan Hapus SPM

SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 1

Silahkan pilih nomor SPM yang ingin anda lakukan catat SPM, yaitu nomor SPM gaji yang telah anda buat SPPnya. Kemudian lakukan klik Pilih.

Cara Membuat SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 3

Selanjutnya masukkan keterangan nomor yang sama seperti saat pembuatan SPP di atas (Perhatikan gambar 3 Bagian 1 di atas) masukkan tanggal pembuatan SPP gaji induk kemudian pilih simpan.

Membuat SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 4

Tahapan selanjutnya adalah silahkan cetak SPM dan Cetak Daftar Lampiran SPM pada menu SPM. Sampai disini pembuatan SPM gaji telah selesai anda lakukan.

Membuat SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 5

Langkah terakhir adalah mengirim ADK SPM Gaji Induk untuk dilakukan injek PIN PPSPM pada Aplikasi Injek PIN. Caranya adalah masih sama tetap pada tampilan di atas namun Pilih Menu

Cara Membuat SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 5

Karena belanja pegawai dalam hal ini Gaji Induk yang anda buat maka pilih 03 Pegawai, pilih Non GUP, Pilih folder penyimpanan di komputer anda. Centang no SPM yang ingin anda injek PIN, kemudian pilih Transfer.

Cara Membuat SPM Gaji Pada Aplikasi SAS
Gambar 6

Sampai pada tahapan di atas proses pembuatan SPM Gaji Induk telah selesai anda buat. Sekarang kita menuju tahapan selanjutnya.

3. Injek PIN ADK SPM Gaji Induk pada Aplikasi Injek PIN PPSPM

Buka Aplikasi Injek PIN PPSPM anda, Pilih Enter Pin, Pilih ADK SPM masukkan ADK SPM hasil kirim ADK SPM Gaji Induk, Pastikan Nomor SPM sudah benar, kemudian masukkan barcode yang terdapat di lembar hasil cetakan SPM lakukan Injek PIN. Jika tanda seru yang dilingkari gambar putus-putus berubah menjadi centang hijau maka injek PIN berhasil anda lakukan.

Injek PIN PPSPM Gaji Induk
Gambar 7

Sampai pada tahapan injek Pin semua proses pembuatan gaji induk pada aplikasi SAS telah berhasil anda lakukan. Demikian artikel singkat tentang Panduan Membuat SPP dan SPM Gaji Pada Aplikasi SAS, semoga bermanfaat.

About infoaye

Bekerja sebagai blog writer admin berharap tulisan yang dituangkan di Infoaye dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Check Also

Aplikasi SAS

Update Aplikasi SAS 20.0.5

Update Aplikasi SAS 20.0.5 – Berikut adalah Histori Update SAS 2020, setiap perubahan yang terjadi …

2 comments

  1. Jujur saja saya baca ini karena tertrik dengan SAS, saya kira ini aplikasi di playstore atau mungkin bahasa pemrograman seperti PHP atau Javascript. tapi akhirnya tahu kalau:

    SAS (Sistem Aplikasi Satker) punya pemerintah

    • Iya bang ini aplikasi pemerintah yang fungsinya untuk pengelolaan keuangan satuan kerja, mulai dari mekanisme perencanaan penganggaran hingga pelaporan. Aplikasi SAS sangat membantu keakuratan data dan pengelolaan kauangan yang tepat sasaran dan meminimalisir penyalahgunaan pengelolaan keuangan. Trimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *