Mempercepat Kinerja Windows 10 Tanpa Software Bantuan

Windows 10

Mempercepat Kinerja Windows 10 Tanpa Software Bantuan – Windows 10 yang kita gunakan kadang menghambat pekerjaan karena kinerja windows yang sering lambat atau lemot. Untuk meningkatkan kecepatan windows 10 anda, kali ini admin akan bagikan cara paling mudah, tanpa menggunakan software bantuan. Agar leptop anda tetap kencang dan cepat saat digunakan,  silahkan ikuti cara berikut :

1. Uninstall Software Bawaan Tidak Penting

Untuk cara ini kamu akan menemukan berbagai macam aplikasi bawaan, ataupun aplikasi tambahan yang terinstall di laptop anda. Windows 10 anda bisa maksimal, dengan menghapus sebanyak mungkin software bawaan maupun eksternal yang tidak terlalu perlu.

Pertanyaannya, kenapa tidak uninstall softwarenya di control panel saja min..?. Sebenarnya tidak masalah juga, tetapi pada menu control panel, tidak ditampilkan software bawaan yang terinstal di sistem windows anda.

Jika sudah paham mari kita lanjutkan. Pertama yang harus anda lakukan adalah pergi ke menu star kemudian pilih settings.

Windows 10

Kemudian seteleah masuk pada menu settings maka akan muncul antar muka beberapa menu yang bisa anda pilih, untuk pilihannya silahkan klik pada menu Apps.

Windows 10

Selanjutnya akan muncul menu App dan Feature terdapat daftar software yang terinstal di laptop anda. Silahkan uninstall software bawaan windows yang anda anggap tidak terlalu penting atau perlu untuk di gunakan.

Windows 10

2. Disable Program Pada Startup

Untuk langkah yang satu ini akan mengurangi kerja keras windows, dengan menghentikan program saat windows anda di aktifkan akan mempercepat proses boot atau masuk ke windows.

Baca Juga : Cara Membuka dan Install WhatsApp di Laptop atau PC

Jika program telah di disable dan sesekali ingin diaktifkan, cukup lakukan dengan memilih sortcart program kemudian membukanya. Untuk masuk ke perintah disable program pada startup bisa dilakukan dengan menggunakan perintah kayboard ctr+alt+delete kemudian akan muncul kotak dialog. Silahkan nonaktifkan program seperlunya.

Windows 10 Cepat Tidak Lemot

3. Cek update windows dan program

Biasanya jika windows 10 anda terasa lemot, kadang faktor penyebabnya adalah munculnya notifikasi update windows dan program. Cek ketersediannya kemudian jalankan update windows atau program.

Windows 10 Kencang

4. Setting Menu Start Battom Windows

Menu start juga memiliki pengaruh untuk memperlambat kerja windows. Lakukan setting seperti pada gambar yang admin rekomendasikan di bawah ini. Klik kanan pada menu star, kemudian nonaktifkan dan setting sesuai gambar. Menampilkan history program pada menu start dan lainnya dapat menguras kerja sistem windows, ada baiknya dinonaktifkan saja agar menghemat kerja windows.

Baca juga : Kenapa CorelDraw Kembali Trial Expired? ini Cara Mengatasinya

Optimalkan Menu Star Window

Jika ke 4 cara di atas sudah diterapkan tapi masih sama saja. Silahkan upgrade hardware anda misalnya, memory, hardisk dan lainnya.

About infoaye

Bekerja sebagai blog writer admin berharap tulisan yang dituangkan di Infoaye dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Check Also

Charger Asli

Tips Membeli Charger Samsung Original Tanpa Tertipu

Tips Membeli Charger Samsung Original Tanpa Tertipu – Ini pengalaman berharga yang saya rasa penting …

2 comments

  1. Ini untuk win 10 asli ya? kalau yang bajakan terus mau update terus setelah update jadi lemot dan menghabiskan kinerja hardisk itu bagaimana cara setting automatic updatenya agar berhenti? Sudah dimatikan nanti nyala lagi.

    • Iya bang ini untuk windows asli, kalau bajak*an gak perlu di update atau matikan update otomatisnya. Tapi karna sudah terlanjur di update, saran saya agan harus aktivasi lagi terlebih dahulu windowsnya, biar gak lemot lagi. Setelah itu setingannya ikut pengaturan yang saya sarankan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *