Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP – Bagaimana proses cara membuat Gaji Induk pada aplikasi GPP..? Berikut ini admin akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana proses pembuatan gaji dari awal hingga akir dilengkapi dengan gambar agar mudah dimengerti. Proses pembuatan gaji induk pada aplikasi GPP merupakan awal dari tahapan panduan pembuatan gaji. Selanjutnya akan di proses untuk pembuatan SPP dan SPM pada aplikasi SAS dan Injek PPSPM. Sampai pada tahapan tersebut gaji anda telah siap untuk di masukkan ke kantor KPPN pada wilayah kerja satker anda.

Jika proses pembuatan gaji pada aplikasi GPP sudah selesai anda lakukan, maka langkah selanjutnya untuk pembuatan SPP, SPM serta Injek PIN PPSPM, anda bisa menggunakan panduan pada artikel admin sebelumnya yaitu tentang : Panduan Membuat SPP dan SPM Gaji Induk Pada Aplikasi SAS.

Ok, kita lanjutkan dengan cara pembuatan gaji induk pada aplikasi GPP. Langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. SETTING SATKER UNTUK DIBUATKAN GAJI

Anda harus login dahulu ke aplikasi GPP anda, pasword dan user defauld biasanya User, kemudian pilih OK untuk melanjutkan.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 1 – Setting Satker Sebelum Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP

Langkah selanjutnya adalah masuk pada menu setting kemudian pilih Setting Anak Satker, centang satker yang ingin anda buat gaji induknya kemudian pilih Set Dafauld kemudian Keluar.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 2 – Setting Satker Sebelum Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP

2. MEMBUAT GAJI INDUK DI APLIKASI GPP PADA MENU GAJI

Berikutnya pada menu pilih menu Gaji dan pilih Proses Perhitungan Gaji. Masukkan bulan Gaji yang ingin anda buat, untuk jenis Gaji pilih 1 Gaji Induk. Centang semua pegawai yang ingin anda buatkan gaji induk, selanjutnya pilih Proses.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 1 – Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP

Setelah anda memili Proses maka akan muncul daftar hasil perhitungan gaji Pilih OK kemudian Simpan dan Keluar.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 2 – Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP

3. MENCETAK GAJI INDUK YANG TELAH DIBUAT DAN MENGIRIM ADK KE SPP

Langkah selanjutnya cetak Gaji, Halaman Luar, Rekapitulasi dan Pajak, caranya adalah masuk pada menu Laporan Pilih Cetak Gaji

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP
Gambar 1 – Mencetak Mengirim ADK Gaji ke SPP Pada Aplikasi GPP

Selanjutnya akan muncul form seperti gambar di bawah ini, pastikan dahulu nomor gaji dan bulan pembuatan gaji centang seluruh pilihan yang ingin di cetak. Pilih Folio, Kemudian Proses untuk mencetak. Untuk Pembuatan SPP pada aplikasi SAS, pili transfer ke SPP, pili folder penyimpanan dan akan terbentuk ADK untuk nantinya pembuatan gaji pada aplikasi SAS pada Modul PPK. Jika selesai Pilih keluar.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 2 – Mencetak Mengirim ADK Gaji ke SPP Pada Aplikasi GPP

4. MENCETAK DAN MENGIRIM ADK GAJI SEMENTARA KE PPSPM UNTUK DI LAKUKAN PENGUJIAN

Selanjunya untuk mengirim ADK sementara, masuk pada menu Kirim pilih Kirim Gaji Sementara ke PPSPM, ADK ini akan terbentuk untuk selanjutnya di lakukan Pengujian Gaji Induk.

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP
Gambar 1 – Mencetak Mengirim ADK Gaji Sementara Pada Aplikasi GPP

Jika anda telah masuk maka akan muncul Kirim Gaji Semntara Ke PPSPM seperti gambar di bawah ini. Pilih folder tujuan, Pastikan sudah benar nomor gaji dan bulan gaji yang akan anda buat dan pilih Proses kemudian Keluar.

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP
Gambar 2 – Mencetak Mengirim ADK Gaji Sementara Pada Aplikasi GPP

5. PPSPM MELAKUKAN PENGUJIAN GAJI

Selanjutnya kita akan melakukan penguian gaji, pada pengujian gaji ini anda harus login dengan menggunakan user dan pasword untuk HAK akses PPSPM.

Cara Membuat Gaji Pada Aplikasi GPP
Gambar 1 – Pengujian Gaji Pada Aplikasi GPP

Setelah login kemudian pilih menu Pengujian Gaji dan masuk pada Pengujian Gaji

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP
Gambar 2 – Pengujian Gaji Pada Aplikasi GPP

Setelah menuju pengujian gaji maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. Pilih Gambar disket Pilih ADK Gaji Sementara yang tadi anda kirim pada poin 4 di atas ekstensinya (SEMENTARA518910001000001.prb). Setelah itu Klik pada gambar folder cari nomor gaji yang telah anda buat, kemudian pilih Proses Cek, tnggu samai selesai tekan OK. Selanjutnya masuk untuk mencetak pengujian gaji dengan memilih Bukti Pengujian.

Cara Membuat Gaji Induk Pada Aplikasi GPP
Gambar 3 – Pengujian Gaji Pada Aplikasi GPP

Setelah pilih Bukti Pengujian maka anda akan menuju Pengujian Gaji seperti gambar di bawah ini. Langkah pertama pilih Pejabat Penguji gaji, Pilih tanda (…) untuk memilih folder penyimpanan, kemudia pilih Buat ADK Perubahan dan Gaji maka akan muncul kotak dialog bahwa ADK telah terbentuk ekstensinya ada 2 file masing-masing (.PRB dan GPP), sekarang anda tinggal memilih OK dan kemudian lembar perubahan pengujian gaji akan terbuk, silahkan print atau cetak dokumen tersebut.

Cara membuat gaji induk pada apikasi GPP
Gambar 3 – Cara membuat gaji induk pada apikasi GPP

Nah sampai disini maka anda telah berhasil membuat gaji induk pada aplikasi GPP. Langkah selanjutnya adalah membuat SPP dan SPM dengan menggunakan ADK gaji dari Menu Cetak Gaji yang telah anda kirim. Untuk linnya ada di paragraf pertama artikel ini ya. Sekian artikel singkat dari kami, semoga membantu.

About infoaye

Bekerja sebagai blog writer admin berharap tulisan yang dituangkan di Infoaye dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Check Also

Aplikasi GPP

Update Aplikasi GPP 28 Januari 2020

UPDATE Aplikasi GPP 28 Januari 2020 Pastikan lakukan backup Aplikasi GPP sebelum melakukan update. PETUNJUK …