2 Cara Cepat Rekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Aplikasi SAS

2 Cara Cepat Rekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS – Aplikasi SAS dibuat untuk memudahkan penggunanya, namun jika kita tidak mengetahui teknik penggunaan aplikasi sas maka akan mengakibatkan pekerjaan kita tertunda, apalagi kita dikejar dengan dateline waktu untuk pengajuan permintaan. Salah satu pekerjaan yang paling menyita waktu dalam pengoperasian Aplikasi SAS Installer 2019  ini adalah pada saat kita melakukan perekaman data supplier pada menu supplier di aplikasi sas. Ada metode rahasia yang wajib anda pelajari, agar nntinya dapat menghemat waktu pekerjaan anda. Teknik yang akan admin bagikan, berkaitan dengan cara perekaman data supplier yang sangat mudah untuk anda terapkan. Mari kita simak metodenya satu per satu, Let’s go….!!

Baca Juga : Cara Mengatasi Aplikasi SAS 2019 Tidak Terkoneksi Database MySQL

Dari Aplikasi SAS Tahun Lalu

Nah kalau teknik import data supplier ini biasanya ketika kita baru menggunakan aplikasi sas versi terbaru di awal tahun, berhubung sekarang bertepatan dengan tahun anggaran baru di awal tahun 2019, otomatis anda harus melakukan perekaman data supplier yang ada pada sas versi sebelumnya. Jika anda melakukan perekaman data supplier satu per satu secara manual, maka akan memakan waktu yang sangat lama.

Baca Juga : Cara Atasi Error Aplikasi SAS Copy.exe FoxPro

Setelah kita melakukan installasi aplikasi sas, saya berikan contoh misalkan anda mengintal sas versi terbaru di tahun 2019 ini, maka setelah penginstallan selesai anda lakukan, data supplier di tahun sebelumnya yaitu tahun 2018 wajib untuk anda import ke aplikasi sas terbaru tahun 2019. Caranya bagaimana? Sangat mudah, ikuti langkahnya sebagai berikut sob :

Baca Juga : Cara Installer Aplikasi SAS 2019 Versi 19.0.0

Buka aplikasi sas terbaru anda

2 Cara Cepat Mengambil dan Merekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Masuk pada menu Utility, Jika aplikasi sas yang anda miliki adalah aplikasi sas terbaru yaitu sas tahun 2019, maka anda login ke aplikasi sas terbaru 2019 ya… bukan tahun 2018. kemudian Pilih ambil data supplier tahun sebelumnya

2 Cara Cepat Mengambil dan Merekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Login dengan menggunakan user dan pasword admin, Pilih Ambil, Tunggu hingga proses selesai 

2 Cara Cepat Mengambil dan Merekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Sampai pada tahapan ke 6 anda sudah selesai melakukan pengambilan data supplier dari sas aplikasi yang lama atau tahun sebelumnya ke aplikasi sas versi terbaru. Sangat mudah kan?. Jika proses telah selesai maka data supplier di aplikasi sas terbaru anda, akan tampil pada bilah yang belum terisi seperti gambar di bawah ini yang saya buat arah panahnya, selanjutnya maka semua akan terisi sesuai data supplier pada aplikasi sas versi tahun sebelumnya. 

2 Cara Cepat Mengambil dan Merekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Lewat Omspan

Untuk metode yang kedua ini, anda bisa menuju ke omspan (spanint.kemenkeu.go.id), untuk metode ini anda tidak perlu merepotkan diri menginput satu persatu data supplier ke aplikasi sas. Menu import juga bisa menjadi pilihan bagi anda untuk mengurangi waktu anda melakukan perekaman data supplier ke aplikasi sas. untuk cara dan tahapannya, ikuti langkah berikut ini :

  1. Pergi ke link omspan (spanint.kemenkeu.go.id)
  2. Login dengan menggunakan Nama Pengguna dan Kata Sandi satuan kerja anda
  3. Klik pada pilihan menu sebelah kiri atas (=)
  4. Pilih modul komitmen 
  5. Pilih Cari Data Supplier
  6. Masukkan Kode KPPN sesuai lokasi anda
  7. Pilih tipe supplier yang ingin anda rekam
  8. Masukkan nama supplier, NPWP atau pilihan lainnya agar memudahkan pencarian
  9. Jika telah muncul suplier yang anda inginkan maka silahkan lakukan centang pada supplier yang ingin anda ambil dan
  10. Pilih unduh TXT

Setelah tahapan login ke aplikasi sas pada modul admin sudah anda lakukankemudian pilih Referensi I selanjutnya pilih supplier, maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

2 Cara Cepat Mengambil dan Merekam Data Supplier Ke Aplikasi SAS

Langkah selanjutnya, pilih import dan cari file txt yang telah anda unduh tadi.

Sampai pada tahapan ini anda bisa melakukan pengecekan pada menu data supplier pada utililty dan lihat apakah data supplier yang anda inport telah terisi atau belum. Jika supplier yang anda import telah terisi maka proses yang anda lakukan sudah benar.

Demikian tutorial singkat kami, atas perhatiannya om ucapkan terima kasih, jika anda belum memahami tahapan diatas atau masih kebingungan, silahkan layangkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

About infoaye

Bekerja sebagai blog writer admin berharap tulisan yang dituangkan di Infoaye dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Check Also

Aplikasi SAS

Update Aplikasi SAS 20.0.5

Update Aplikasi SAS 20.0.5 – Berikut adalah Histori Update SAS 2020, setiap perubahan yang terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *