6 Kesalahan Menggunakan Masker Selama Pandemi Covid-19

Kesalahan Menggunakan Masker Selama Pandemi Covid-19
Kesalahan Menggunakan Masker Selama Pandemi Covid-19

Kesalahan Mengenakan Masker Selama Pandemi Covid19 – Kadang kita menganggap sepeleh untuk hal yang satu ini. Penggunaan masker bertujuan agar dapat menangkal dan membatasi jalur masuknya virus. Seperti kita tahu, melalui saluran pernapasanlah, corona virus kemudian akan masuk ke tubuh kita. Untuk mencegahnya dengan benar, mari perhatikan beberapa kesalahan yang harus anda hindari ketika menggunakan masker.

1. Tidak Mencuci Tangan Sebelum Menggunakan Masker

Mencuci Tangan

Mencuci tangan sangat penting, tangan kita sering menyentuh berbagai macam benda baik di rumah maupun fasilitas publik. Tangan kita juga akan sering kita gunakan untuk memegang hidung dan mulut, bahkan untuk memakai masker dan memperbaiki kedudukan masker, sesekali kita lakukan

Untuk itu jangan lupa sebelum mengenakan masker, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Pastikan bahwa benar-benar tangan kita telah bersih secarah menyeluruh, selanjutnya baru menggunakan masker.

2. Tidak Tepat Kedudukan Masker Pada Wajah

Kedudukan Masker

Pentingnya penggunaan masker akan tidak maksimal jika penggunaannya masih belum benar. Masker harus benar-benar menutupi mulut dan hidung kita, sehingga tidak ada celah pada bagian ujung masker.

Baca Juga : Suka Bermasalah Pada Kesehatan Lambung? Berikut Tips Agar Lambung Kamu Tetap Sehat

Ini akan meminimalisir masuknya virus dan bakteri. Pastikan juga posisinya lapisan ujung masker yang lebih tebal, di antara kedua sisi masker. Untuk sisi masker yang tebal seperti ada kawat kecil didalamnya, itu seharusnya berada pada bagian atas tepatnya di bagian hidung kita. Kemudian tekan dan rapatkan mengikuti bentuk wajah atau hidung kita.

3. Sering Menyentuh Wajah Atau Masker 

Sering Memegang Wajah

Hindari menyentuh masker saat menggunakannya. Jika anda terpaksa harus memperbaiki dan menyentuh masker yang telah anda kenakan, maka bersihkan tangan dahulu. Bersihkan tangan juga harus memakai alkohol atau sabun dan air.

4. Memakai Masker Dalam Waktu Lama 

Memakai Masker Dengan Waktu Lama

Ganti masker dengan yang baru segera setelah masker terasa lembab. Ada baiknya jangan gunakan kembali masker sekali pakai. Jika anda menggunakan masker kain, setiap kali pemakaian wajib untuk mencuci bersih dengan menggunakan sabun dan jemur di sinar matahari langsung.

5. Tidak Tahu Cara Melepas Masker yang Benar Ketika Selesai Digunakan 

Melepas Masker

Untuk melepaskan masker hendaknya dilakukan dengan melepasnya dari bagian belakang di daerah telinga/kuping. Hindari tangan menyentuh bagian depan masker. Segera buang masker bekas pakai anda ke tempat sampah kemudian bersihkan tangan dengan air dan sabun atau alkohol.

Baca Juga : 3 Aplikasi Android Untuk Konsultasi Dokter Terbaik

6. Catatan Penutup

Jika Anda sehat, Anda hanya perlu memakai masker jika Anda merawat orang yang mengidap COVID-19. Kenakan masker jika Anda batuk atau bersin. Masker hanya efektif bila digunakan bersama dengan pembersih tangan yang dilakukan dengan alkohol atau sabun dan air.

About infoaye

Bekerja sebagai blog writer admin berharap tulisan yang dituangkan di Infoaye dapat menambah informasi dan pengetahuan bagi pembaca sekalian.

Check Also

SehatQ

SehatQ Platform Digital Solusi Kesehatan Keluarga Maluku

SehatQ Platform Digital Solusi Kesehatan Keluarga Maluku – Hai sobat, kalian mesti tahu ya, saya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *